Jar POS adalah Sistem Point Of Sales berbasis Cloud yang dapat membantu aktivitas penjualan offline di toko anda. Kami menyediakan layanan dengan fitur yang lengkap yakni laporan transaksi harian, kegiatan promosi, pengaturan penyimpanan & persediaan barang, serta akses ke dashboard dan laporan secara real-time.
Jar Pos dapat digunakan oleh semua tipe dan skala bisnis, dari bisnis FnB, retail, penyedia jasa, bisnis yang baru dimulai, hingga bisnis yang telah memiliki ratusan cabang. Daftar sekarang dan coba Jar POS gratis, tim kami akan sangat senang untuk menunjukkan bahwa fitur yang kami milki dapat mengoptimalkan bisnis Anda.
Jar Pos membantu bisnis offline untuk dapat memiliki toko online melalui integrasi ke GoStore dan website lain yang dimiliki oleh backoffice. Jika anda sudah memiliki website, Anda akan dapat menghubungkan bisnis online tersebut dengan backoffice Jar Pos.
Iya, Anda akan diberikan pilihan untuk berlangganan setiap bulan atau tahun, yang dimulai pada harga Rp249,000/bulan untuk langganan per tahun.
Anda dapat mencoba Moka POS secara gratis selama 14 hari dengan klik "Gratis" yang ada pada beranda dan ikuti langkah yang diberikan. Anda juga dapat mengajukan permintaan coba gratis kepada tim sales kami.
Kami telah terintegrasi secara langsung dengan beberapa e-wallet, yaitu GoPay, OVO, LinkAja, WeChat, Alipay, Kredivo, dan Akulaku.
Anda perlu mempersiapkan tablet (iOS/OS) untuk mengoperasikan aplikasi Jar POS pada toko Anda. backoffice Moka dapat Anda akses dengan melakukan login di browser pada ponsel & dekstop. Kami menyediakan beberapa pilihan Perangkat yang dapat digunakan.
Jar Pos menyediakan dashboard serta laporan aktivitas bisnis yang real-time. backoffice kami memiliki fitur manajemen yang tidak dapat ditemukan pada sistem POS tradisional. Jar Pos juga dilengkapi dengan akses ke pendanaan dan platform API yang terintegrasi.
Setelah anda mendaftar pada program coba gratis, tim kami akan menghubungi Anda. Sehingga Anda dapat bertanya lebih lanjut mengenai diskon atau promo yang ada.
1. Masuk dan lakukan Pendaftaran Akun pada Website kami.
2. Masuk pada backoffice dan lakukan pembayaran pada halaman Tagihan.
3. Anda dapat membeli perangkat pendukung disini .
4. Anda dapat menghubungi kami untuk bentuan proses pembayaran pada:
- Hotline kami 021-1500 970
- Kirim pesan melalui Whats ke 0811 1069 7700
5. Jika Anda perlu melakukan cicilan, maka Anda dapat melakukan pembayaran melalui Jar Pos Official Tokopedia Store.
Anda hanya perlu melakukan 3 langkah mudah ini untuk memulai:
1. Install aplikasi Jar Pos dari Google Play atau App Store pada iPad atau Android tablet Anda.
2. Masuk ke backoffice dari link https://backoffice.jarpos.com/login .
3. Baca panduan dari kami here .
atau ajukan permohonan coba gratis, karena tim kami akan sangat senang untuk menjelaskan lebih lengkap mengenai penggunaan Jar POS.
Jar Pos Connect adalah platform terbuka berbasis API (Application Programming Interface) untuk berbagai solusi bisnis bagi para merchant Jar Pos. Terdapat dua layanan yang tersedia, yaitu App Marketplace dan Private Solution.
Apa saja layanan yang tersedia di Jar Pos Connect?
Jar Pos Connect terdiri dari dua produk layanan, yaitu App Marketplace dan Private Solution.
App Marketplace adalah sebuah layanan marketplace satu pintu di Back Office Jar Pos, dimana kami bekerjasama dengan berbagai aplikasi partner pihak ketiga untuk dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tanpa perlu daftar ulang, Anda dapat mengintegrasikan Jar Pos Anda dengan aplikasi partner pilihan Anda melalui Back Office. Sampai dengan saat ini, berikut adalah daftar partner App Marketplace kami:
1. Circle Media
2. Digiresto
3. Jurnal
4. Storelogy
Sementara itu, Private Solution adalah layanan yang ditujukan bagi Anda yang telah memiliki sistem API tersendiri dan menginginkan solusi yang lebih spesifik. Lewat layanan ini, Anda bisa mengelola dan mengkombinasikan API guna menciptakan fungsi baru untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Dengan kata lain, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi khusus yang sudah Anda miliki sebelumnya dengan sistem Jar Pos.
Anda dapat mengecek Link berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Jar Pos Connect.
Anda hanya perlu melakukan 3 langkah mudah ini untuk memulai:
1. Login ke Back Office melalui https://backoffice.jarpos.com/
2. Pilih menu APPS
3. Anda dapat melihat daftar partner App Marketplace Moka yang dapat anda integrasikan.
Untuk selengkapnya: klik disini .
Bagaimana cara untuk mendaftarkan usaha saya agar dapat terintegrasi dengan Jar Pos Connect Private Solution?
Untuk selengkapnya: klik di sini.
Pusat bantuan Moka Connect:
Apa itu Jar Order?
Jar Order adalah layanan baru dari Jar Pos untuk terima ragam pilihan cara pesan yang lebih cepat dan akurat untuk bisnis kuliner, mulai dari dine-in, pick-up, dan delivery.
- Pick Up: Pelanggan bisa pesan secara online dan pilih ambil sendiri di toko, tanpa perlu repot antre.
- Delivery: Maksimalkan peluang usaha dengan terima pesanan secara online melalui website dengan ragam pilihan pengiriman & dapat terintegrasi dengan Facebook, Instagram, dan Google Shopping
- Dine-in: terima & kelola pesanan makan di tempat lebih cepat dengan scan kode QR untuk pesan dan bayar dari meja
Apa saya harus membayar untuk Jar Order?
Anda bisa menikmati fitur premium Jar Order secara gratis apabila Anda berlangganan Paket Pro atau Paket Enterprise. Jika saat ini Anda berlangganan Paket Basic dan ingin menikmati fitur Jar Order, Anda dapat melakukan upgrade ke Paket Pro atau Paket Enterprise.
Cara Menggunakan
Bagaimana Cara Kerja Jar Order Dine-In?
1. Pelanggan datang dan memilih meja yang tersedia
2. Pelanggan melakukan scan kode QR untuk memesan dan membayar secara non-tunai
3. Pesanan masuk ke Jar POS. Filter metode pengiriman ke “Ambil Sendiri & Makan di Tempat”
4. Pesanan dapat langsung diproses
5. Pesanan siap dihidangkan ke pelanggan
Payment Fee Jar Order
Apa itu payment fee?
Payment fee adalah biaya platform yang dikenakan kepada merchant atas setiap transaksi Jar Order dimana biaya tersebut merupakan biaya yang dibebankan oleh penyedia metode pembayaran kepada Jar Order atas penyediaan berbagai metode pembayaran yang dapat dimanfaatkan oleh merchant dan pelanggan.
Kapan payment fee mulai berlaku?
Payment fee berlaku mulai pada tanggal 15 Mei 2022.
Bagaimana simulasi perhitungan payment fee di Jar Order?
Merchant akan dikenakan payment fee sebesar 1.5% per transaksi Jar Order. Jumlah dana yang merchant dapatkan adalah jumlah yang sudah dikurangi dengan payment fee sebesar 1.5%.
Bagaimana perhitungannya jika terdapat harga diskon?
Apabila merchant memberikan diskon 20% dari barang seharga Rp. 100,000, maka payment fee akan dikenakan dari harga setelah diskon yaitu Rp. 80,000.
Siapakah yang akan dikenakan payment fee ini?
Payment fee akan dikenakan hanya kepada merchant Jar Order.
Bagaimana simulasi potongan payment fee di Jar Order?
Bila total penjualan merchant adalah Rp. 1,000,000, maka payment fee yang akan dikenakan adalah Rp. 1,000,000 x 1.5% = Rp. 15,000. Jumlah yang akan dicairkan kepada merchant adalah Rp. 1,000,000 - Rp. 15,000 = Rp. 985,000.
Dimana saya bisa melihat total pemotongan payment fee ini?
Merchant akan dikirimkan laporan mingguan setiap minggunya yang mencakup perhitungan jumlah payment fee yang dikenakan kepada merchant.
KoinWorks merupakan platform pemberi pinjaman modal usaha yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. Melalui Jar Pos Capital, merchant Jar Pos dapat mengajukan 2 (dua) jenis pinjaman dana dari KoinWorks, antara lain KoinBisnis dan KoinInvoice. Adapun persyaratan pengajuan untuk produk KoinWorks adalah:
1. Sudah bergabung dengan Jar Pos selama minimal 3 bulan dan telah menjalankan usaha minimal 6 bulan
2. Rata-rata penjualan bisnis mencapai minimal 3 juta per bulan
3. Area cakupan meliputi
- Seluruh area Jawa + Madura
- Seluruh area Bali
- Area Sumatra:
- Kota Medan
- Kota Padang
- Kota Pekanbaru
- Kota Jambi
- Kota Bengkulu
- Kota Palembang
- Area Sulawesi: Makassar
- Area Kalimantan:
- Kota Balikpapan
- Kota Samarinda
- Kota Palangkaraya
- Kota Pontianak
- Kota Banjarmasin
4. Calon peminjam harus berusia di range 21-60 tahun
5. Merchant bisa melakukan top-up pendanaan di kemudian hari, jika status peminjaman pertama sudah disetujui. Hal tersebut membuat approval rate lebih mudah, tapi proses disburse tetap berlangsung selama 19-30 hari - untuk KoinBisnis
6. Merchant yang DITOLAK, dapat mendaftar kembali di KoinWorks 3 bulan kemudian (dihitung dari tanggal pengajuan yang terdaftar)
7. Saat ini, KoinWorks terbuka untuk semua industri, kecuali:
- Tourism (Hotel / Tour & Travel)
- Event Organizer / Crowd Gathering
- Industri yang memproduksi atau memperjualbelikan rokok dan/atau alkohol
- Industri yang memproduksi atau memperjualbelikan senjata tajam/api
- PPOB (Payment Point Online Banking)
Koinworks - KoinBisnis dapat memberikan jumlah pinjaman mulai dari 5 juta hingga 2 Miliar. Pinjaman yang diajukan memiliki tenor mulai dari 6, 9, 12, 15, 18, hingga 24 bulan. Biaya bunga yang diberikan pada pinjaman ini berkisar pada 9%-18% per tahun dengan rincian biaya admin sebagai berikut:
- 6-9 bulan: 2%
- 12-18 bulan: 3%
- 21-24 bulan: 4%
Peminjaman dana tidak dikenakan biaya Penalty Fee saat membayar lebih awal dari penjanjian yang telah ada.
Dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk pengajuan di KoinBisnis?
Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen sederhana seperti:
- KTP pribadi (dan KTP pasangan jika sudah menikah)
- NPWP (jika pinjaman >IDR 50 juta)
- Kartu Keluarga yang masih berlaku
- Mutasi Rekening pribadi berupa rekening koran/e-statement selama 3 bulan terakhir
Selengkapnya Anda bisa cek disini.
Berapa lama proses pengajuan sampai pencairan dana di KoinBisnis?
Pencarian dana akan diproses dalam waktu 19 hari dengan beberapa tahapan pengecekan
1. Proses Pengecekan Validitas Dokumen Pinjaman [2 Hari Kerja]
Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman melalui BackOffice.
Koin Invoice adalah produk pinjaman produktif dari KoinWorks dengan limit mulai dari Rp 3 Juta s.d. Rp 50 Juta dan biaya hanya 2% saja setiap pencairan. Koin Invoice ditujukkan untuk Merchant yang membutuhkan dana cepat untuk pembelian stok barang bisnisnya yang normalnya memiliki frekuensi belanja yang lebih sering dan tempo pembayaran yang lebih singkat.
Tenor pinjaman Koin Invoice pun lebih cepat 30 hari dan cara pelunasan adalah dibayarkan secara penuh di akhir tenor (Pokok+Bunga Pinjaman).
- No telepon dan alamat email Peminjam
- KTP Peminjam
- Laporan penjualan per bulan selama 3 bulan terakhir dari Jar Pos
Berapa lama proses pengajuan limit untuk KoinInvoice?
Proses pengajuannya adalah sebagai berikut:
1. Merchant mengirimkan pengajuan limit ke KoinWorks melalui form: https://gjk.id/MokaCapital-KoinInvoice/
2. KoinWorks akan melakukan assessment terhadap pengajuan yang masuk. Proses assessment memakan waktu maksimal 3 hari kerja setelah kelengkapan dokumen.
3. Apabila disetujui, KoinWorks akan mengirimkan Perjanjian Kredit terhadap produk KoinInvoice untuk dapat ditandatangani oleh Merchant.
4. Setelah Perjanjian Kredit ditandatangani, Merchant dapat langsung menggunakan fasilitas limit KoinInvoice dengan mengajukan permintaan pencairan dana melalui form berikut.
Proses pencairan dana adalah sebagai berikut:
1. Merchant mengirimkan permintaan pencairan dana di form berikut.
2. Team KoinWorks akan melakukan pengecekan BI Checking dan limit yang tersedia.
3. Apabila BI Checking clear dan limit masih tersedia, KoinWorks akan memproses pencairan dana ke rekening Merchant maksimal 2 hari kerja.
Bisa, Peminjam dapat mengajukan penambahan limit dalam jangka waktu 3 bulan dengan syarat sudah pernah ada pencairan/penggunaan fasilitas Koin Invoice dan pembayaran lancar. Dokumen yang perlu dilampirkan hanya sales data di Moka dalam waktu 3 bulan terakhir.
Pembayaran dilakukan dengan transfer ke Virtual Account Number (setiap Peminjam akan mendapatkan No. VA yang berbeda). Setelah melakukan pembayaran, bukti transfer dapat di-screenshot dan dikirimkan ke email [email protected] atau WhatsApp 08118667896.
Modalku menawarkan pinjaman modal (Moka X Modalku) dengan limit mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 miliar tanpa jaminan dengan bunga yang kompetitif dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan. Bunga pinjaman mulai dari 19-27% dengan biaya admin sebesar Rp500.000 untuk limit pinjaman s.d Rp16.000.000 atau
3% dari limit pinjaman untuk Limit Pinjaman > Rp16.000.000.
- Untuk pengusaha perorangan, dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
- KTP
- Riwayat transaksi di Moka selama 12 bulan terakhir.
- Untuk pengusaha yang telah berbadan hukum (PT/CV), dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:
- Legalitas perusahaan- NPWP perusahaan
- KTP direktur
- Riwayat transaksi di Moka selama 12 bulan terakhir
1. Proses Pengecekan Validitas Dokumen Pinjaman (1 Hari Kerja)
- Pengecekan pada penyertaan rekening koran
- Pengecekan pada KTP/KK yang disertakan
2. Proses Pengecekan Resiko Pinjaman (2-3 Hari Kerja)
- Pengecekan kemudahan komunikasi dengan peminjam
- Penyerahan dokumen pendukung untuk keterangan kesanggupan pembayaran dana
- Penandatangan kontrak oleh peminjam dana
3. Proses Pencairan (1 Hari Kerja)
Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman melalui Back Office Jar Pos .
Pengusaha perorangan/Pengusaha yang telah berbadan hukum PT/ CV dengan kriteria sebagai berikut:
- Minimum hasil penjualan Rp 5 Juta selama 3 bulan
- Memiliki riwayat transaksi di Jar Pos minimal selama 3 bulan
- Lokasi usaha berada di area Jakarta, Bandung, dan Surabaya
- Berusia 21-60 tahun
Jika merchant pernah melakukan pengajuan pinjaman sebelumnya dan ditolak, merchant dapat melakukan pengajuan kembali 3 bulan setelah tanggal pengajuan pertama
Bizhare adalah platform investasi bisnis dengan sistem urun dana melalui penawaran efek berbasis Teknologi Informas (Securities Crowdfunding) yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa keuangan (OJK). Bizhare menawarkan pinjaman mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 10 Miliar dengan biaya layanan sebesar 5-10%.
1. Merchant yang sudah bergabung dengan Jar Pos selama minimal 12 (dua belas) bulan.
2. Memiliki setidaknya 3 (tiga) outlet.
3. Hasil penjualan mencapai minimum Rp 1 Miliar selama 12 bulan terakhir
4. Jika merchant pernah melakukan pengajuan pinjaman sebelumnya dan ditolak, merchant dapat melakukan pengajuan kembali dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan
Data yang dibutuhkan untuk pengajuan pendanaan di Bizhare ada 2 macam, yaitu:
1. Data Legalitas*
a. Akta PT
b. SIUP, TDP/ NIB
c. NPWP
2. Data Historical Bisnis
a. Laporan Keuangan minimal 1 tahun
b. Rekening koran
c. Total Kebutuhan Dana
d. Rencana ekspansi bisnis
*dokumen ini akan dibantu prosesnya oleh Bizhare jika memang belum ada
Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman disini.
Waktu yang dibutuhkan dari pengajuan awal hingga pembukaan investasi yaitu sekitar 2 minggu setelah data lengkap diterima oleh tim Bizhare.
Setelah melakukan pengisian form pengajuan pendanaan melalui Moka:
1. Merchant akan dihubungi oleh tim dari Bizhare dalam 2x24 jam, untuk dapat melengkapi data-data legalitas yang dibutuhkan.
2. Kemudian merchant bisa mengajukan detail rencana ekspansi usaha dengan mengirimkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan pendanaan di Bizhare.
3. Setelah itu ada proses wawancara dan due diligence yang dilakukan oleh tim Business Analyst.
4. Jika pengajuan pendanaan diterima, maka akan dilakukan pengumpulan dana selama 45 hari di platform Bizhare.
5. Setelah dana terkumpul, selanjutnya akan diserahkan ke merchant untuk digunakan sesuai semestinya maksimal 2 hari kerja.
Berbeda dengan skema P2P Lending yang berbentuk pinjaman, sistem bisnis di Bizhare ini secara bagi hasil sesuai dengan persentase kesepakatan antara pemilik bisnis dengan investor, bagi hasil tersebut bisa dari profit atau dari omset. Sedangkan untuk angka bagi hasilnya bisa menyesuaikan dari pemilik bisnis.
Jika dana tidak terkumpul, maka ada 2 kondisi yaitu:
1. Dana tidak terkumpul sesuai pengajuan awal, namun memenuhi jumlah minimum pengajuan, maka proses pendanaan akan tetap dilanjutkan
2. Dana tidak terkumpul sesuai pengajuan awal, dan tidak memenuhi jumlah minimum pengajuan, maka proses pendanaan akan dibatalkan
LandX merupakan platform Equity Crowdfunding yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, dimana Pelaku Bisnis bisa menggalang dana untuk modal usaha dan Pemodal bisa membeli saham dari setiap proyek penggalangan dana.
Pemodal yang memegang saham perusahaan Pelaku Bisnis akan mendapatkan dividen sesuai kinerja perusahaan Pelaku Bisnis tersebut, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pemodal juga berpotensi mendapatkan capital gain (keuntungan yang didapatkan oleh investor dari selisih harga beli saham dan harga jual) ketika saham yang dimiliki dijual kembali di pasar sekunder (secondary market).
LandX menawarkan penggalangan dana untuk Pelaku Bisnis mulai dari Rp 1-10 Miliar dengan:
- Biaya Upfront / Listing
- 0 hingga 2,99 M, upfront fee 10%
- 3 hingga 5,99 M, upfront fee 7,5%
- 6 hingga 10 M, upfront fee 5%
- Biaya Platform
- Untuk pinjaman Rp1-3 Miliar: Rp5 juta
- Untuk pinjaman Rp3-6 Miliar: Rp10 juta
- Untuk pinjaman Rp6-10 Miliar: Rp15 juta
- Biaya Admin, 2.5% dari pendapatan bersih yang dipotong setiap bulan
1. Merchant yang sudah bergabung dengan Jar Pos selama minimal 12 (dua belas) bulan.
2. Memiliki setidaknya 2 (dua) outlet
3. Jika merchant pernah melakukan pengajuan pinjaman sebelumnya dan ditolak, merchant dapat melakukan pengajuan kembali setelah mengikuti proses inkubasi dan mendapatkan rekomendasi.
Hal yang harus dilakukan oleh Pelaku Bisnis ketika pengajuan pendanaan di LandX adalah sebagai berikut:
1. Company profile (contoh format dokumen bisa dilihat di link berikut)
2. Rincian detail ekspansi, kebutuhan, dan penggunaan dana
3. Historical profit & loss dari all existing outlets periode 2020-2022 ytd
4. Proyeksi laporan keuangan
Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman melalui Back Office Jar Pos .
1. LandX akan melakukan proses screening kepada calon peminjam, jika calon peminjam lolos maka akan masuk ke fase Public Sale (penawaran project terhadap pemodal) maksimal selama 45 hari.
2. Jika proses pendanaan berhasil, maka akan masuk tahap administrasi, maksimal selama 30 hari.
Jika selama 45 hari Pendanaan belum berhasil maka ada 2 kemungkinan:
1. Dana yang dikumpulkan akan dikembalikan kepada Pemodal dalam arti pendanaan batal dilakukan
2. Pelaku Bisnis bisa menyerap sisa dari pendanaan tersebut. Misal Penerbit PT A melakukan pendanaan sebesar 5 Miliar, namun ketika masa Publik Sale (45 hari) berakhir hanya terkumpul Rp 4 Miliar, maka 1 Miliarnya Penerbit bisa serap. Untuk hal ini Penerbit harus memberikan informasi terlebih dahulu terkait jumlah pendanaan minimum yang akan dilakukan
Sesuai dengan kesepakatan bersama di awal, contoh per 3 bulan sekali atau per 4 bulan sekali.
Dividen dibagikan dari net profit. Namun tidak harus dibagikan 100%, apabila ada biaya yg timbul di masa mendatang, bisa disisihkan sekian persen untuk retained earning. Contoh: di tahun ke-5 akan ada biaya sewa yang harus dibayarkan, maka kebutuhan tersebut dapat dicadangkan dengan menyisihkan sekian persen per bulannya (retained earning).
Jika tetap terjadi kerugian maka dividen tidak dibagikan dalam periode tertentu. Jika bangkrut maka aset dapat dijual dan cash dibagikan ke investor secara proporsional.